cover
Contact Name
Inggih Permana
Contact Email
inggihpermana@uin-suska.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
inggihpermana@uin-suska.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi
ISSN : 24608181     EISSN : 25028995     DOI : -
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi (print ISSN: 2460-8181, online ISSN: 2502-8995) is a peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of information system. Its scope encompasses information system engineering and management. It was first published in 2015.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019): Agustus" : 15 Documents clear
SISTEM INFORMASI ALUMNI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU Trisda Ningsih; Mustakim Mustakim
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v5i2.7641

Abstract

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Sultan Sarif Kasim Riau yang beralamat di jalan H. R. Soebrantas No. 155 Km. 15 Panam Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, merupakan Peogram Studi yang bergerak dibidang keilmuan IT khususnya manajemen, bisnis dan rekayasa. Proses pendataan dan trecking Alumni pada saat ini dilakukan dengan cara menginfokan menggunakan sosial media. Sangat sulit bagi Program Studi dalam melakukan pendataan karena tidak semua Alumni aktif pada sosial media. Tujuan dibangun Sistem Informasi Alumni ini diharapkan dapat memaksimalkan proses pendataan dan tracking Alumni dengan menggunakan notifikasi via email dapat menjadi pengingat Alumni memperbaruhi data. Sistem yang dibangun berbasis web dan menggunakan model perancangan dengan Unified Modelling Languange (UML) yang merupakan model dari metode perancangan berbasis objek yaitu Object Oriented Analysis Design (OOAD). Berdasarkan pengujian dari Blackbox Testing dengan hasil 100% dan pengujian User Acceptance Test (UAT) dengan hasil 89% menujukkan bahwa Sistem Informasi Alumni pada Program Studi Sistem Informasi UIN Suska Riau yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan pada rancangan yang dibuat sebelumnya. Sistem Informasi Alumni berbasis web ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja petugas dalam melakukan pengelolaan data Alumni dan dapat meningkatkan akreditasi Program Studi kedepannya.
KLASIFIKASI PERMASALAHAN AGENSTOK MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER PADA PT. HPAI-PEKANBARU Zarnelly Zarnelly
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v5i2.7611

Abstract

Abstrak—Kecendrungan seseorang untuk mengakses informasi khususnya permasalahan agenstok melalui dunia maya pun menjadi semakin tinggi. Informasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Salah satu sumber infomasi adalah media sosial. Klasifikasi ini ditekankan untuk data permasalahan agenstok. Pada umumnya permasalahan yang disampaikan terdiri dari beberapa kategori seperti permasalahan mengenai kesehatan, konsultasi produk dan marketing. Namun dalam membagi permasalahan kedalan kategori-kategori tersebut untuk saat ini masih dilakukan secara manual.hal ini sangat merepotkan apabila permasalahan yang ingin di unggah berjumlah banyak. Oleh karena itu, perlu adanya sistem yang bisa mengklasifikasikan permasalahan secara otomatis. Text mining merupakan metode klasifikasi yang merupakan variasi dari data mining yang berusaha menemukan pola menarik dari sekumpulan data tekstual yang berjumlah banyak. Sedangkan algoritma naive bayes classsifier merupakan logartitma pendukung utuk melakukan klasifikasi. Kategori memiliki jumlah data permasalahan yang sama dan terdiri dari 400 data permasalahan; 360 data permasalahan digunakan untuk proses training dan 40 data permasalahan digunakan untuk proses testing. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu waterfall dan pengujian perfomance measure, uji black box, dan uji sistem oleh pengguna. Adapun pengujian perfomance measure memperoleh nilai akurasi 97,5%, precision 97,6%, recall 97,5% dan f-measure 97,4%. Dari hasil-hasil tersebut dapat  disimpulkan bahwa sistem yang menerapkan algoritma naive bayes classifier dapat digunakan untuk mengklasifikasikan permasalahan agenstok berbasis web, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database Management System (DBMS) menunjukkan bahwa klasifikasi permasalahan agenstok bisa terklasifikasi secara otomatis.Kata Kunci: agenstok, akurasi, klasifikasi, naïve bayes, text mining
SISTEM INFORMASI PRESENSI KARYAWAN Rice Novita; Fachrozi Ramadhan Hardi
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v5i2.8241

Abstract

ABSTRAK Absensi kehadiran pegawai merupakan faktor penting bagi sebuah instansi atau perusahaan untukmencapai tujuan, hal ini berkaitan pada kedisiplinan dan berdampak pada kinerja dari masing-masing pegawai.Oleh karena itu, perlu adanya pendataan khusus untuk mencatat absensi kehadiran dan ketidak hadiran agaraktifitas kerja dapat tercatat secara realtime dan baik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencapai sisteminformasi absensi yang baik, salah satunya menggunakan teknologi komputer dimana penerapannya denganaplikasi absensi berbasis website. Pada PT. Swadaya Absi Manunggal-Jereh consortium sistem yang digunakandalam proses absensi masih manual menggunakan buku absensi harian yang berdampak pada efisiensi danefektifitas pendataan, pencarian data sekaligus perhitungan rekap data yang membutuhkan waktu yang relatiflama. Disamping itu resiko kesalahan dan kehilangan data absensi semakin besar. Berdasarkan permasalahandiatas dibuatlah Sistem Informasi Absensi Karyawan Pada PT.Swadaya Abdi Manunggal-Jereh consortium.Metode penelitian merupakan metode yang digunakan dalam pengumpulan data yang meliputi: metodeobservasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan pengembangan perangkat lunak menggunakan waterfallyang meliputi : analisa kebutuhan, desain, pengkodean, pengujian dan implementasi. Dengan dihasilkannyasistem absensi karyawan berbasis web dapat memberikan kemudahan dalam proses absensi, pencarian data danperhitungan rekap absensi, serta meminimalisir kehilangan dan kesalahan pencatatan data absensi pada PT.Swadaya Abdi Manunggal-Jereh consortium. 
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS PENERAPAN E-LEARNING DENGAN METODE OCAI DAN HOT FIT Umi Riyani; Syaifullah Syaifullah; Tengku Khairil Ahsyar; Megawati Megawati; Muhammad Jazman
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v5i2.7936

Abstract

Budaya organisasi merupakan suatu kebiasaan-kebiasaan yang terjadi dalam tatanan organisasi yang mewakili norma-norma perilaku yang diikuti oleh para anggota organisasi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru telah menerapkan sistem Informasi Integrated Library System (INLISLite). INLISLite telah digunakan sejak tahun 2015, namun masih terdapat beberapa masalah seperti cenderung mendaftar member langsung ke petugas, cenderung tidak memakai OPAC, petugas tidak cepat tanggap, informasi OPAC tidak lengkap, tidak tersedia koleksi yang dibutuhkan, loker penyimpanan barang tidak terkunci. Metode yang digunakan OCAI dan LIBQUAL+TM model. OCAI terbagi dalam empat tipe budaya organisasi yaitu clan, adhocracy, market, dan hierarchy. LIBQUAL+TM model memiliki empat konstruk yaitu service affect, library as place, personal control dan information access. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas layanan INLISLite. Sampel yang digunakan sebanyak 97 responden yang merupakan anggota (member) perpustakaan. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel dan SEM-PLS. Hasil penelitian ini adalah budaya dominan yang berjalan saat ini yaitu hierarchy dengan nilai 0,954. Hierarchy merupakan budaya yang sesuai standar peraturan dan prosedur, struktur kerja yang jelas. Pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas layanan INLISLite adalah tidak berpengaruh dengan nilai 0,596, dengan tingkat pengaruh nilai harus mencapai (1,96) sehingga hal ini menunjukkan bahwa budaya organisasi tidak mempunyai pengaruh terhadap kualitas layanan INLISLite. Oleh karena itu budaya tersebut tidak meningkatkan kualitas layanan INLISLite.Kata Kunci: Integrated Library System, Kualitas Layanan, LIBQUAL+TM, OCAI, SEM-PLS.
PENERAPAN METODE PROMETHEE UNTUK PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SMARTPHONE TERBAIK Tri Juninda; Elvia Andri; Ulya Kahirunnisa; Novi Kurniawati; Mustakim Mustakim
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v5i2.7677

Abstract

Perkembangan dan penjualan smartphone yang semakin meningkat membuat banyak vendor smartphone bersaing untuk menawarkan berbagai macam fitur pada smartphone yang mereka pasarkan, sehingga masyarakat sering dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yaitu kesulitan dalam menentukan smartphone yang akan dibeli. Hal ini disebabkan karena banyaknya smartphone yang menawarkan fitu-fitur canggih dengan harga yang murah. Pemilihan smartphone ini dapat ditentukan berdasarkan kriteria yang telah dipilih diantaranya harga, ukuran layar, Random Acces Momory (RAM), Read Only Memory (ROM), processor, kamera, dan kapasitas baterai. Sebagai gambaran dan rekomendasi kepada masyarakat dalam memilih smartphone yang tepat digunakanlah metode PROMETHEE. Metode ini mampu dijadikan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan. Metode PROMETHEE bekerja dengan melakukan penentuan atau pengurutan dalam suatu analisis multikriteria. Hasil dari penelitian ini memberikan suatu rekomendasi kepada masyarakat dalam melakukan pemilihan smartphone yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan bahwa beberapa alternatif peringkat tertinggi adalah Oppo F7, Vivo V11, dan Oppo F9 sebagi bahan pertimbangan dalam pembelian smartphone.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERMINTAAN KEBUTUHAN LOGISTIK DI KANTOR WILAYAH II PT PEGADAIAN KOTA PEKANBARU BERBASIS WEB Zarnelly Zarnelly; Muhammad Hidayat
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v5i2.7451

Abstract

Kantor wilayah II PT Pegadaian Kota Pekanbaru mempunyai unit bidang yang melayani permintaan kebutuhan kantor cabang dan unit pelayanan cabang yaitu bidang logistik. Permasalahan yang dihadapi dalam proses permintaan kebutuhan logistik antara lain masih menggunakan pembukuan apabila ada surat permohonan permintaan logistik yang masuk, menyebabkan sulit dalam pencarian data ketika dibutuhkan karena harus mencari data pada pembukuan satu persatu dan pada proses persetujuan  harus menunggu pimpinan ketika berada di kantor, apabila pimpinan berada diluar kota proses persetujuan harus tertunda dan menyebabkan penumpukan surat permohonan di kantor sehingga terjadi  keluhan dari  kantor cabang yang mengajukan permohonan karena permintaan yang diajukan tidak ada pemberitahuan dari bidang logistik. Dengan permasalahan yang terjadi dibutuhkan sistem informasi baru yang terhubung dengan kantor cabang  untuk dapat membantu mempermudah pekerjaan para pengguna dalam pengelolaan permintaan kebutuhan di bidang logistik yang menjadi solusi dari permasalahan yang terjadi. Sistem informasi permintaan kebutuhan logistik berbasis web ini menggunakan metode analisa dan perancangan Object Oriented Analysis and Design (OOAD) dan Waterfall pada pengembangan sistem dan tools unified modeling language (UML). Hasil uji Black Box yang dilakukan terhadap fitur yang terdapat pada sistem yang dibuat berjalan 100%. Hasil pengujian menggunakan User Acceptance Test (UAT) yang telah dihitung didapatkan persentase hasil akhir kelayakan sistem yang dibangun sebesar 82.29%.Kata kunci: Black Box, Sistem Informasi Permintaan kebutuhan logistik, User Acceptance Test, Object Oriented Analysis and Design, Waterfall.
SISTEM INFORMASI MONITORING PERJALANAN KAPAL BERBASIS WEB PADA PT. PELAYARAN LAUT SERAYA Siti Monalisa
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v5i2.7512

Abstract

ABSTRAKPT. Pelayaran Laut Seraya didirikan pada tahun 1987 beralamat di jalan Diponegoro No. 18 Kelurahan Selatpanjang Kota Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau, PT. Pelayaran Laut Seraya memiliki kantor cabang di kota Pekanbaru yang beralamat dijalan Bintara No. 14G Kelurahan Kota Tinggi Kec. Pekanbaru Kota. PT. Pelayaran Laut Seraya memiliki berbagai macam aktifias seperti memberi jadwal keberangkatan kapal, memonitoring pergerakan kapal, membuat aset dokumen kapal. Penggunaan sistem yang sedang berjalan saat ini membutuhkan banyak kertas sebagai bahan untuk pencetakkan file yang telah dimasukkan, dan dengan proses yang lama juga membutuhkan banyak waktu yang akan membuat pekerjaan semakin menumpuk, dalam sistem ini juga membuat pencarian data dari waktu ke waktu semakin sulit dicari karena data yang ada saat ini sudah sangat banyak, dan data tersebut di simpan sheet per sheet di dalam microsoft excel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem mengenai data kapal dan memonitoring perjalanan kapal untuk PT.Pelayaran Laut Seraya. Sistem yang dibangun merupakan sistem yang dapat membantu PT.Pelayaran Laut Seraya dalam menjalankan proses bisnisnya, diantaranya seperti memonitoring data perjalanan kapal, penginputan dan pengolahan data kapal, membuat laporan perjalanan kapal, memonitoring surat-surat kapal. Teknik perancangan sistem menggunakan metode Object Oriented Analysis Design (OOAD) dan Tools Unified Modelling Language (UML), Teknik testing sistem menggunakan metode Blackbox dan User Acceptance Test (UAT) dengan metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall yang merupakan metode dengan model sekuensial. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem informasi monitoring perjalan kapal berbasis web.Kata
EVALUASI MANAJEMEN LAYANAN SERVICE DESK PADA CUSTOMER CARE CENTER (C3) UIN SUSKA RIAU MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 DAN ITIL V3 Megawati Megawati
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v5i2.7575

Abstract

Makalah ini tentang Evaluasi Kinerja Pengelolaan Customer Care Center (C3) di Pusat Teknologi Informasi Dan Pangkalan Data (PTIPD) Uin Suska Riau menggunakan Cobit 4.1 dan ITIL V3. Permasalahan di C3 tentang kinerja layanan TI antara lain pelayanan diberikan oleh yang bukan ahlinya, dalam hal ini siswa magang, ruangan yang sempit karena bergabung dengan 4 ATM, kurangnya SDM, serta kurang monitoring dari pimpinan terhadap pengendalian internalnya. Domain yang digunakan untuk mengevaluasi layanan adalah DS8 (Delivery dan Support 8 manage service desk). Teknik pengambilan sampel menggunakan diagram RACI (Responsible, Accountable, Consulted and Informed) sebanyak 9 orang. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data menggunakan software Cobit Maturity Level Calculation. Pengelolaan kinerja TI C3 Uin Suska Riau pada saat ini (as is) berada pada level 2 yaitu Repeatable but intutitive dan berarti Proses pengelolaan TI sudah dikembangkan. manajemen telah memiliki pola untuk melakukan proses pengelolaan berdasarkan pengalaman berulang yang pernah dilakukan sebelumnya. Prosedur belum terstandarisasi dan tanggung jawab proses tata kelola diserahkan kepada individu masing-masing. Agar proses menjadi lebih baik maka diberikan tindakan berupa usulan perbaikan untuk setiap proses. Berdasarkan hasil evaluasi maka diberikan rekomendasi untuk perbaiki manajemen berdasarkan COBIT 4.1 dan ITIL V3.
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN METODE BAYESIAN NETWORK Muhammad - Afdal
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v5i2.8243

Abstract

Salah satu penyebab utama degradasi lahan tingkat tinggi dan rendahnya produktivitas dalam olahan minyak kelapa sawit adalah perkebunan kelapa sawit petani yang sering diserang oleh berbagai macam penyakit. Selain itu, minimnya pengetahuan petani tentang penyakit tanaman kelapa sawit berakibat kurangnya hasil panen dari tanaman tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu sistem pakar yang dapat mendiagnosa penyakit pada tanaman kelapa sawit. Sistem pakar ini dapat mendiagnosa penyakit pada tanaman kelapa sawit menggunakan metode bayesian network dengan memperhatikan gejala-gejala yang dialami oleh petani pada tanaman kelapa sawit. Bayesian network digunakan untuk menghitung nilai probabilitas dari setiap kemunculan berbagai gejala. Sistem pakar diagnosa penyakit tanaman kelapa sawit ini memberikan informasi tentang penyakit yang menyerang tanaman kelapa sawit, penyebabnya, cara penanggulangannya, beserta hasil perhitungan nilai probabilitasnya. Pengujian dilakukan dengan metode black box, pengujian sistem berdasarkan hasil diagnosa, dan user acceptance test (UAT). Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa metode bayesian network dapat memberikan hasil berupa nilai probabilitas jenis penyakit tanaman kelapa sawit berdasarkan gejala yang dipilih. Sistem pakar diagnosa penyakit tanaman kelapa sawit dengan metode bayesian network memberikan solusi, yang mana telah dilakukan pengujian kepada user, 84% responden menyatakan informasi pada sistem lengkap dalam mengatasi masalah penyakit tanaman kelapa sawit yang menyerang beserta nilai probabilitas secara tepat dan sedini mungkin. Kata Kunci : Bayesian Network, Penyakit Tanaman Kelapa Sawit, Sistem Pakar.
SISTEM ELECTRONIC-HUMAN RESOURCE MANAGEMENT (e-HRM) MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (Studi Kasus: PT. Andesta Mandiri Indonesia) Andri Hairiyadi; Tengku Khairil Ahsyar
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v5i2.6997

Abstract

PT. Andesta Mandiri Indonesia merupakan salah satu perusahaan outsourching yang bergerak di bidang penyaluran tenaga kerja. Dalam proses pengelolaan data karyawan, data area kerja, data kontrak kerja, data lowongan, dan surat lamaran pekerjaan sudah terkomputerisasi, tetapi hanya sebatas menggunakan Microsoft Excel. Masalah yang sering dialami yaitu, sulitnya merekap data laporan karyawan karena banyaknya data lamaran kerja, data karyawan dan data area kerja yang sudah bekerja sama, dan juga tidak adanya pemberitahuan masa kontrak kerja karyawan yang hampir habis sehingga berdampak pada kesiapan pihak manajemen dalam melakukan negosiasi kembali. Tujuan dari penelitian adalah membangun sistem e-HRM berbasis web yang berguna untuk memudahkan tugas HRD dalam mengelola data. Sistem e-HRM merupakan solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi pada PT. AMI. Library javacript leaflet digunakan untuk menampilkan peta persebaran titik area kerja. Perancangan sistem menggunakan metode Rapid Application Development yang memiliki tiga tahapan yaitu Required Planning, Workshop Design, dan Implementation. Hasil uji Black Box yang dilakukan terhadap fitur yang terdapat pada sistem e-HRM yang dibuat berjalan 100%. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa sistem e-HRM dapat berjalan dengan baik, sehingga sistem dapat mempermudah pihak perusahaan dalam melakukan proses management karyawan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15